Senin, 19 November 2012

Rotasi Bumi dalam Islam






“Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dari malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan. Dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua. Tidaklah mungkin bagi matahari mengejar bulan dan malam pun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya”. (Surat Yasin; 37-40)”
 

Ayat Al-Qur’an ini diturunkan oleh Allah SWT pada abad 6 Masehi. Pada kenyataannya bahwa Bumi berbentuk bola dan berputar diakui setelah abad ke 8 M, sedangkan Bumi dan planet-planet beredar mengelilingi matahari diakui dan ditemukan pada tahun 1512 oleh Kopernikus (10 Abad setelah Al-Qur’an diturunkan). Semua bintang-bintang dalam galaxy tersebut ternyata bergerak mengitari satu titik di jagat raya. Pada surat Yasiin ayat 38, mengatakan bahwa matahari juga bergerak atau berjalan di tempat peredarannya pada Abad ke 6 M , jauh sebelum sains modern membuktikannya. Namun kalau kita perhatikan juga pada kata-kata di ayat 38 tersebut berbunyi “ matahari berjalan di tempat peredarannya”. Apakah artinya “ berjalan ditempat ?” lalu ditambahkan lagi dengan “ peredarannya ?”. Tidak ada kata lain yang dapat dimaknai kecuali “ diam ditempat dan bergerak dengan cara berotasi” , yang bermakna bahwa matahari itu bergerak pada posisi diam. Maka dapat disimpulkan bahwa matahari berotasi dalam posisi diam terhadap planet-planet lainnya.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Indahnya Berbagi
Tambah Yuk
Widget by IB | Template Design

Artikel Terkait:

Widget by:IB | Template Design

2 komentar:

rahillafisika mengatakan...

Maha Besar Allah yang telah menciptakan apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. membaca artikel ini selain pengetahuan fisika yang kita dapatkan, kita juga mendapatkan ilmu agama sekaligus.

Unknown mengatakan...

Melalui Artikel ini kita bisa melihat bahwa pengetahuan dan islam itu sangat berhubungan erat, contohnya seperti yang telah dipaparkan bahwa Rotasi juga diterangkan dalam ayat-ayat Allah.
Blognya simple tapii mateep banget artikel-artikelnya. . . .

Posting Komentar

 

Daftar Blog Saya

Pengikut

© 2009 Free Blogger Template powered by Blogger.com | Designed by Amatullah |Template Design